Ini Dia Alasan Mengapa Si Kecil Menjadi Anak Pemalu

Apakah si kecil suka menangis ketika didekati orang lain? Atau si kecil seringkali diam saat dibawa ke lingkungan baru dan bahkan menolak untuk berkenalan dengan orang baru? Itu bisa saja berarti bahwa si kecil termasuk karakter pemalu.

Pada dasarnya setiap anak terlahir dengan karakteristik temperamen yang berbeda-beda. Ada anak yang mudah beradaptasi dan ada pula yang justru merasa insecure sehingga cenderung menarik diri ataupun merasa cemas ketika berada di lingkungan baru. Oleh karena itu sebagai orangtua kita tidak perlu memaksa anak untuk mengubah karakternya, yang perlu kita lakukan adalah membantu mereka mengoptimalkan kemampuan sosialnya untuk menghadapi dunia luar. Kemudian faktor lingkungan juga dapat menjadi penyebab munculnya perilaku pemalu pada anak. Misalnya, kurangnya stimulasi yang berkaitan dengan sosialisasi, pola asuh yang over-protective, sering dikritik, ‘diusili’, kurang diperhatikan, sering ditakut-takuti atau diancam, selalu dianggap sebagai anak pemalu oleh lingkungan sekitar, dan tidak ada role model yang dapat memberikan contoh bagaimana cara bersosialisasi dengan baik.

Apakah si kecil termasuk karakter anak pemalu?
Mom, untuk mengetahui apakah si kecil termasuk anak pemalu atau bukan, simak ciri anak pemalu berikut ini ya:

Anak pemalu cenderung menghindar dari orang lain.
Saat bertemu dengan orang lain, terutama orang yang baru pertama kali bertemu, anak pemalu selalu berusaha menjauh, bersembunyi di balik orangtua, atau berusaha menyembunyikan diri dengan cara apapun. Apakah si kecil sering bersembunyi di balik Anda saat bertemu orang baru?

Kaku saat berinteraksi sosial
Coba mom perhatikan saat si kecil bersosialisasi dengan teman-temannya, apakah si kecil berani untuk memulai pembicaraan? Apakah si kecil memiliki inisiatif untuk mengajak bermain lebih dulu? Apakah si kecil ekpresif dan berani mengemukakan pendapatnya di hadapan orang? Nah, apabila lebih banyak tidak, maka bisa jadi si kecil memang tergolong ke dalam karakter anak pemalu.

Pendiam didepan umum dan menghindari kontak mata
Ini adalah ciri yang akan sangat mudah kita amati, terutama saat si kecil dihadapkan pada lingkungan baru. Amati cara si kecil dalam berinteraksi sosial, apakah si kecil lebih banyak diam ketimbang saat berinteraksi dengan keluarga? Kemudian saat si kecil berinteraksi dengan orang-orang baru, apakah ia sering menghindari kontak mata, terutama saat berbicara? Jika ia, maka si kecil tergolong dalam karakter pemalu.

Ingat! Pemalu bukanlah karakter yang perlu diubah
Mom, tak perlu khawatir jika si kecil memang memiliki karakter sebagai anak pemalu. Karena pemalu bukan merupakan karakter negatif yang perlu diubah. Karakter pemalu masih termasuk dalam kategori karakter yang umum dan wajar. Bedanya, Anak pemalu hanya perlu waktu lebih lama dalam beradaptasi dengan lingkungan baru. Setelah ia mengamati, kemudian merasa nyaman dan aman dengan lingkungan tersebut, maka anak cenderung mulai membuka dirinya secara perlahan-lahan dan mulai berinteraksi dengan lingkungannya. Namun sebagai orangtua yang dapat kita lakukan adalah mengoptimalkan kecepatan anak dalam beradaptasi dengan lingkungan baru dan mengembangkan social skill anak. Ketika anak mulai berinteraksi dengan lingkungan, maka social skill sangat berperan penting untuk mempertahankan keberlangsungan interaksinya dengan lingkungan. Dan yang utama, tahukah Anda bahwa berinteraksi sosial dapat mengembangkan cara berpikir (sudut pandang) anak, meluaskan pengetahuan anak, menumbuhkan simpati dan empati pada anak, pemahaman terhadap norma lingkungan, dan meningkatkan kualitas hidup anak. Oleh sebab itu, perlu diingat bahwa social skill adalah salah satu kemampuan anak yang penting sekali untuk dikembangkan.

Penulis: Melissa Luckyanti, S.Psi.

Daftar Rujukan :

Essa, L. Eva. A Practical Guide to Solving Preschool Behavior Problem. 2nd edition. Delmar Publishers, Inc.

Rubin, K., Coplan, R. 2010. The Development of Shyness and Social Withdrawal. New York: The Guilford Press, Inc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*