Anak Usia Dini dan Gadget

Anak usia dini dan gadget, aman tidak ya? Sekarang ini teknologi semakin canggih bahkan bayi pun sudah diperkenalkan dengan gadget. Namun apakah pengenalan gadget sedari dini ini aman untuk anak Anda?

Sebetulnya ada sisi negatif dan postif dari memperkenalkan gadget sedari dini pada anak. Dan berikut daftar dampak negatif saat anak diberikan gadget:

Kecanduan

Ketika anak sudah diperkenalkan dengan gadget sedari dini maka kemungkinan besar anak akan kecanduan. Hal ini tentu akan mempengaruhi perkembangan fisik serta motorik anak. Anak akan terus bermain gadget dan mereka pun bisa susah diajak makan serta istirahat.


Bahaya Radiasi

Alat elektronik termasuk gadget biasanya menimbulkan radiasi di layarnya. Radiasi bisa mempengaruhi pada perkembangan organ tubuh anak yang belum matang. Efek negatif dari radiasi ini memang tidak akan langsung terlihat dan baru muncul di kemudian hari. Gangguan otak, hati, dan mata bisa terjadi akibat radiasi gadget ini.

Obesitas

Ketika anak sudah kecanduan gadget maka ia akan malas melakukan aktivitas lain, termasuk bermain bersama temannya di luar rumah. Anak yang asik bermain gadget dan tidak mau bergerak maka terancam terkena obesitas.

Susah Tidur

Anak yang sudah kecanduan gadget akan sulit untuk melepaskan tangannya dari gadget. Ketika jam tidur tiba, mereka pun akan sulit diajak untuk tidur. Akibatnya tentu saja anak akan kurang jam tidurnya sehingga bisa memicu penyakit. Ketika anak kurang tidur pun bisa mengganggu kegiatan sekolahnya bahkan nilai-nilainya.

Anti Sosial

Gadget membuat anak asik sendiri dan melupakan aktivitas bermain dengan teman-temannya. Lama kelamaan anak akan lebih memilih untuk bermain gadget di dalam rumah dan tidak mau bersosialiasi. Jika hal ini terus dibiarkan, saat dewasa anak pun akan sulit untuk bersosialisasi.

Dampak Positif

Dibalik dampak negatif dari sebuah gadget, ternyata masih menyimpan beberapa dampak positif bagi perkembangan anak loh. Asalkan penggunaan gadget ini dibatasi dan tidak berlebihan. Mau tau apa saja dampak positif dari memperkenalkan gadget pada anak? Ini dia daftarnya:

 

Melatih Motorik

Ketika anak diajarkan untuk mengoperasikan gadget, baik itu keyborad atau menggerak-gerakkan layar juga mouse. Maka hal ini sama efektifnya ketika anak diajarkan melukis dan menggambar. Memperkenalkan gadget pada anak artinya Anda membantu melatih motorik anak.

Selain itu, koordinasi gerak anak pun semakin terlatih. Baik itu mata dan tangannya bisa terkoordinir dengan baik. Latihan ini bisa membantunya terlatih dalam menangkap bola, bermain musik, dan lainnya.

Sebagai Media Pembelajaran

Gadget bisa menjadi media pembelajaran yang positif bagi anak. Anda bisa menginstal beberapa permainan yang mendidik atau bahkan cerita dan mengaji Al Quran. Gadget akan menjadi media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, namun tetap harus dibatasi penggunaannya.

Namun bersosialisasi dengan teman-temannya tetap menjadi pilihan terbaik untuk tumbuh kembang anak. Untuk itu tidak ada salahnya memasukkan anak ke sebuah kelompok bermain saat usianya sudah cukup. Di kelompok bermain ini anak bisa melupakan tentang gadget dan asik belajar sambil bermain dengan teman-temannya. Pastikan untuk memilih kelompok bermain yang baik dan tidak membuat anak stres.

Anak usia dan gadget tidak semuanya buruk. Ada hal-hal positif yang bisa Anda manfaatkan dari gadget tersebut. Asalkan Anda memberikan batasan dalam waktu pemakaian dan apa saja yang anak mainkan dalam gadget tersebut.

 

Sumber gambar:

1: http://www.freemake.com

2: http://www.teluguone.com

3: http://www.freemake.com

4: www.themalaysiantimes.com

5; http://greateasternappliances.com

6: pinimg.com

7: pakarmainan.com

8; http://www.femalefirst.co.uk

9; https://www.verywell.com

10; http://geb.ebay.com/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*