Anak Usia Dini Golden Age, Manfaatkan Yuk Fase Ini

Anak usia dini golden age atau sedang memasuki fase usia emas. Bagi Anda yang memiliki anak usia 0-5 tahun, maka bersiaplah untuk terus mengasah dan membimbing anak agar perkembangannya maksimal dan bisa siap menghadapi persaingan di masa dewasanya kelak.

Usia anak 0-5 tahun memang menjadi momen di mana perkembangan terbaik untuk fisik dan otak. Namun masih banyak orangtua yang kurang memperhatikan masa-masa terbaik ini dan cuek. Hasilnya, anak tumbuh kembang tanpa diberikan bimbingan dan arahan maksimal. Padahal di momen ini, anak justru perlu dibimbing untuk mengasah bakat dan minatnya.

Berikut adalah apa yang harus Anda lakukan dalam menghadapi momen anak usia dini golden age ini

Perhatikan Gizinya

Bagi bayi di bawah enam bulan maka penting untuk memberikan ASI ekslusif.  Sedangkan anak yang sudah memasuki usia diberikan mpasi, maka pastikan Anda memberikan makanan bergizi pada anak sehingga kesehatannya terjaga. Memberikan makanan yang kaya akan gizi pun bisa mendukung perkembangan fisik dan otak anak.

Berikan Stimulasi

Anak merupakan penilu ulung dan setiap usia memiliki perkembangan berbeda. Sebagai orangtua, penting untuk memberikan stimulasi untuk mengasah setiap inderanya. Misalnya untuk indera pendengaran, Anda bisa membacakan buku cerita, menyanyikan lagu, sampai mendengarkan suara-suara binatang. Begitupun dengan motoriknya, Anda bisa menyediakan mainan yang bisa merangsang perkembangan motoriknya.

Tidak Memaksakan Perkembangan Anak

Setiap anak memiliki fase perkembangan yang berbeda dengan anak lainnya. Jika anak teman Anda sudah bisa berjalan dan anak Anda belum padahal usianya sama, maka jangan memaksa anak untuk berjalan. Biarkan anak berkembang sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Hindari memaksa anak untuk melakukan sesuai yang Anda inginkan. Hal ini bisa membuat anak stres dan akhirnya bisa mengganggu perkembangan anak bahkan rasa percaya dirinya.

 

 

Jangan Mengekang Anak

Bebaskan anak untuk melakukan banyak hal. Biarkan anak bereksplor di lingkungan sekitarnya, asalkan dia tetap aman. Ajarkan juga tanggung jawab sesuai dengan usianya.

Ketika Anda membiarkan anak untuk bereksplor, maka anak pun bisa menemukan hal baru yang menjadi pembelajaran bagi dirinya. Semakin luas wilayah atau lingkungan tempat anak belajar, maka ia juga akan belajar banyak hal. Bahan-bahan pembelajaran ini dibutuhkan anak untuk mendukung perkembangan mental, otak, dan fisiknya. Jangan lupa untuk membuat lingkungan di sekitar anak Anda sehat dan positif.

Cara lain untuk mengasah potensi, minat dan bakat anak di usia dini adalah dengan memasukkan anak ke kelompok bermain. Dalam kelompok bermain ini, anak bisa dibimbing oleh gurunya yang tentu saja lebih berpengalaman dalam mengasah potensi, minat dan bakat anak.

Anda juga bisa mengikutsertakan anak dalam tes analisis sidik jari. Tes ini bisa dilakukan sejak anak berusia enam bulan. Melalui tes analisa sidik jari ini, Anda bisa mengetahui potensi, minat, dan bakat anak. Bukan hanya itu, Anda pun bisa mengetahui karakter dan gaya belajar anak. Hasil tes ini bisa membantu Anda untuk lebih fokus membimbing dan memberikan pendidikan yang tepat bagi anak.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai tips dalam membimbing perkembangan momen emas anak usia dini. Maka bisa langsung menghubungi Happy Club di www.happyclub.id.  Pastikan Anda tidak melewatkan momen anak usia dini golden age ini ya.

  1. http://crowwing.us
  2. http://en.plantoys.com
  3. girlstalkinsmack.com
  4. cdn.medimetry.com
  5. http://cdn.skim.gs/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*