Hari Dongeng Sedunia : Manfaat Dongeng

Hari Dongeng Sedunia : Manfaat Dongeng. Selamat malam happyparents! Saat mengantar si kecil tidur, sempatkan membaca dongeng bersama, dan dapatkan manfaat berikut ini.

Segudang manfaat dongeng bagi perkembangan si kecil

Manfaat dongeng buat anak adalah :

  1. Memperkaya kosakata anak.
  2. Mendengarkan sebuah cerita bisa menstimulasi daya imajinasi Si Kecil.
  3. Melatih kemampuan mendengar.
  4. Meningkatkan kemampuannya berkomunikasi.
  5. Meningkatkan interaksi verbal antara Anda dan Si Kecil.
  6. Mengajarkan padanya tentang konsep cerita, angka, huruf, warna, dan bentuk.
  7. Memberikan informasi tentang dunia di sekitarnya.

Usai membacakan dongeng, Anda bisa bertanya kepada anak mengenai cerita tersebut atau membiarkannya untuk bercerita. Hal ini bermanfaat untuk melatih daya ingatnya.

Saat mendongeng, Anda dan Si Kecil bisa berpelukan, tertawa bersama dan bermanja-manja. Hal itu bisa mempererat hubungan antara orang tua dan anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang sering didongengkan atau yang kerap membaca, memiliki kemampuan matematika yang lebih baik dibandingkan anak seusianya. Dongeng memiliki manfaat untuk mengajarkan tentang emosi pada Si Kecil.

Namun ingat, hindari memberikan dongeng kepada anak melalui gadget (TV, dongeng digital, dan aplikasi HP) Karena Si Kecil perlu merasakan hubungan emosional dengan kata-kata yang diucapkan. Usahakan Anda membacakannya langsung padanya. Selain itu, dongeng digital bisa membuat anak kehilangan daya imajinasi dan kemampuan berpikir karena dia hanya diberi sebuah tontonan saja. Nah ada SATU buku seru yang bisa diceritakan dengan SERIBU gaya cerita lho! Mau tau? Simak di postingan berikut ya.. ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*