Merangsang Panca Indra Anak Dengan Cara Bermain

Bagaimana merangsang panca indra anak dengan cara bermain? Ada beberapa permainan ataupun kegiatan bermain yang dapat merangsang fungsi panca indra anak. Masa kanak-kanak merupakan fase dasar yang akan dialami oleh setiap manusia sebelum ia beranjak dewasa. Pada masa ini, salah satu tahapan perkembangan yang akan dilalui oleh anak yaitu bermain, yang mana bermain sendiri ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan dari anak-anak. Bermain merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam membantu optimalnya perkembangan anak, karena sebenarnya pada kegiatan bermain terdapat pembelajaran disetiap prosesnya. Melalui bermain, anak-anak melatih koordinasi tangan-mata yang lebih baik selain itu juga dapat membangun imajinasi anak ketika bermain dengan anak lainnya dan hal ini dapat membangun interaksi sosial anak.

Tips merangsang panca indra anak dengan cara bermain

Bermain bukanlah suatu kegiatan yang sia-sia pada anak usia dini. Selain memberikan kesenangan, bermain juga dapat merangsang fungsi panca indra pada anak. Ketika anak bermain dengan benda, ia akan bertemu dengan beraneka ragam warna mainan, suara dan bentuk mainan yang kesemua ini akan melatih fungsi panca indra anak. Motorik halus dan motorik kasar anak secara tidak langsung sedikit-demi sedikit mulai terasa oleh kegiatan bermain yang dilakukan anak yang kesemua ini akan berguna ketika anak belajar memegang pensil ketika akan menulis.

Ada beberapa permainan ataupun kegiatan bermain yang dapat merangsang fungsi panca indra anak, diantaranya;

  • Indra penglihatan : Puzzle, Kartu bergambar, dll
  • Indra Pendengaran : Bermain peran dengan anak lain, botol yang di isi dengan pasir, air, kerikil sehingga menimbulkan bunyi yang berbeda, dll
  • Indra peraba : Menyusun balok, tanah liat, dll
  • Indra perasa : Anak bisa diajarkan untuk mengenal bermacam rasa melalui bermain rumah-rumahan, manis gula, paitnya kopi serta asinnya garam melalui minuman yang akan di suguhkan anak dalam permainan yang ia lakukan.
  • Indra penciuman : Indra penciuman bisa diransang melalui bermacam-macam harum bunga ketika anak-anak main ditaman. Atau orang tua bisa memberikan harum yang senada pada pakaian, tempat tidur serta mainan anak, hal ini dimaksudkan agar anak bisa mengenali dan membedakan benda miliknya.

Dalam prakteknya, anak yang lebih aktif ketika bermain akan lebih banyak mendapatkan informasi dan hal baru yang ia temui dibandingkan dengan anak yang pasif. Maka peran orang tua dalam menfasilitasi dan membimbing anak dalam bermain juga akan membuat anak senang dan bersemangat dalam bermain.

Semoga tips merangsang fungsi panca indra anak ini dapat bermanfaat buat orang tua untuk melatih indra pada buah hati, 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*