Pendidikan Anak Usia Dini Di Finlandia Ini Bikin Wow!

Pendidikan anak usia dini di Finlandia sekarang ini memang sedang menjadi sorotan. Betapa tidak, karena pendidikan di negara ini menempati peringkat teratas pendidikan Eropa selama 16 tahun terakhir. Hal ini tentu menarik perhatian seluruh dunia dan ingin tau apa sih rahasianya?

Dunia pendidikan anak usia dini di Finlandia menerapkan kegiatan belajar dan sekolah itu haruslah menyenangkan. Dengan kegiatan yang menyenangkan maka bisa membuat anak belajar lebih efektif. Seluruh pusat pendidikan di Finlandia tidak menekankan dalam berhitung, membaca ataupun menulis. Bahkan anak-anak tidak akan mendapatkan pelajaran formal dalam bidang tersebut sampai usianya tujuh tahun dan masuk sekolah dasar. Hal yang menjadi penekanan meraka adakan permainan kreatif.

Berikut ini 10 fakta seputar pendidikan di Finlandia:

cdn77.org

Anak-anak Di Finlandia Belum Disekolahkan Sebelum 7 Tahun

Bukan hanya di Finlandia, tetapi di negara-negara Nordik seperti Denmark, dan Swedia. Anak-anak yang belum menginjak usia tujuh tahun belum di sekolahkan. Masa pra-sekolah di Finlandia dimulai pada usia lima tahun, dan itupun lebih menekankan pada bermain serta bersosialisasi. Orang Finlandia percaya, anak-anak bisa belajar dan mengembangkan diri melalui bermain.

studyinfinland.fi

Sedikit Ujian dan Tidak Ada PR

Dalam satu kelas, 12 anak diajar oleh satu guru. Cara ini memungkinkan anak untuk berinteraksi lebih sering dengan gurunya. Di Finlandia juga, sekolah tidak mengenal ujian nasional, namun guru lah yang melakukan penilaian pada siswanya. Penilaian itu pun bukan bahan untuk kelulusan tetapi sekedar informasi untuk meningkatkan pembelajaran siswa.

Begitu pun dengan PR, siswa di Finlandia tidak dibebani pekerjaan rumah yang berat loh.

finland.fi/

Semua Guru Harus Magister dan Diberi Otonomi dalam Mengajar

Setiap guru di Finlandia harus bergelar minimal magister. Dalam mengajar pun guru diberikan kebebasan membuat kurikulum sendiri lalu menerjemahkan standar tersebut.

Profesi guru di Finlandia sangat terhormat sehingga seleksinya pun ketat. Hanya orang yang menempati peringkat 10 persen teratas bisa mendaftar sebagai guru. Guru di Finlandia juga hanya mengajar selama empat jam perhari dan selama dua jam mereka akan mengembangkan kurikulum serta menilai kemajuan siswa.

turner.com

Sekolah Sepenuhnya Didanai Negara

Dalam artian, semua sekolah di Finlandia gratis. Bahkan negara juga memberikan makan siang, layanan kesehatan, dan angkutan umum gratis untuk pelajarnya.

sbs.com.au

Tidak Ada Kompetisi

Sistem pendidikan di Finlandia tidak mengenal kompetisi dalam artian tidak ada sistem peringkat. Tidak ada istilah murid terbaik ataupun guru terbaik dan skeolah terbaik atau sekolah unggulan. Semua didorong untuk bekerjasama meningkatkan kemajuan pendidikan di negaranya.

universityherald.com

Serikat Guru Kuat

Sekitar 95% guru di Finlandia bergabung dalam perserikatan. Dan mereka memberikan 1,2% dari gajinya untuk mendanai perserikatan tersebut. Serikat inilah yang menjadi alat bagi mereka untuk memperjuangkan hak-haknya, mulai dari gaji, tunjangan serta menjadi corong dalam menyuarakan masalah pendidikan.

thehieno.com

Pendidikannya Berbasis Kesetaraan

Slogan “Pendidikan Untuk Semua” di Finlandia ini benar adanya. Tidak ada siswa yang diistimewakan dan semuanya setara. Tidak ada juga kompetisi yang menjadikan suatu sekolah lebih unggul atau seorang siswa lebih pintar ataupun tidak pintar.

 

Metode Pengajaran yang Inovatif

Pendidikan di Finlandia sekarang ini menggunakan metode mengajar dengan topik atau fenomena. Dalam metode baru ini, pelajar akan belajar lebih banyak subjek secara sekaligus. Misalnya, topik mengenai Uni Eropa di dalamnya ada sejarah, geografi, bahasa serta perekonomiannya.

 

Pendidikan anak usia dini di Finlandia memang fokus dalam bermain namun sambil belajar. Tidak ada proses belajar yang menekan sampai membuat stres anak. Dipercaya dengan bermain ini anak bisa mempelajari sesuatu. Bagaimana menurut Anda mengenai sistem pendidikan di Finlandia ini?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*