Pengembangan Anak Usia Dini: Ajari Anak Berempati Yuk

Pengembangan anak usia dini di masa inilah sangat penting untuk mengajarkan anak berbagai hal positif. Tidak hanya berhubungan dengan fisik, mental, emosinya, tetapi juga sosialnya. Salah satu yang bisa Anda ajarkan pada anak usia dini adalah berempati.

Empati merupakan sebuah rasa yang penting dipelajari semua orang, khususnya dikenalkan pada anak-anak. Dengan empati ini diharapkan anak akan tumbuh menjadi generasi yang tidak mati rasa. Terlebih sekarang ini banyak sekali kejadian yang menunjukkan hilangnya rasa empati pada orang-orang dewasa hingga dicontoh oleh anak-anak.

Anda tentu tidak ingin memiliki anak yang tumbuh tanpa kecerdasan emosional bukan? Atau juga anak yang tumbuh menjadi anak egois, tidak mau tau dengan lingkungan sekitar, bahkan tidak peka dengan perasaan orang lain disekitarnya?

Nah berikut ini beberapa cara untuk mengajarkan anak berempati sedari dini:

Orangtua Sebagai Pemberi Contoh

Orangtua memang menjadi guru pertama bagi anaknya. Dan bisa dibayangkan apa yang terjadi jika Anda sebagai orangtua malah bersikap acuh tak acuh ketika ada pengemis yang menghampiri. Lalu tidak memperdulikan kesulitan orang lain, bahkan suka menyiksa binatang.

Anak akan belajar empati dari orangtuanya. Dan jika Anda mengaharapkan anak untuk memiliki empati maka mulailah memberikan contoh yang baik untuk anak.

Bantu Anak Kenali Emosinya Terlebih Dahulu

Sebelum mengajarkan anak untuk berempati atau mengindentifikasi perasaan orang lain. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membantu anak mengenali emosinya sendiri. Penting bagi Anda untuk bertanya bagaimana perasaan anak, misalnya saat ia senang, sedih atau marah.

Membantu anak mengenali perasaanya sendiri ini bisa menjadikan pembelajaran bagi anak untuk mengelola emosinya. Selanjutnya anak pun bisa menyesuaikan antara emosi yang disampaikan dengan situasi yang sedang berlangsung.

Salah satu cara untuk membantu anak mengenali perasaannya adalah dengan menunjukkan beberapa foto orang dengan ekspresi berbeda. Bisa juga dengan mengajak anak balita untuk menggambar beberapa ekspresi wajah.

Memiliki Hewan Peliharaan

Sebuah penelitian di Inggris menunjukan jika anak yang memelihara binatang mampu memiliki kemampuan sosial lebih baik. Memelihara binatang ini mampu mengembangkan sisi empati dan kemampuan anak dalam mengasuh. Selain itu, dengan memelihara binatang pun anak diajarkan untuk bertanggungjawab sedari dini.

Libatkan Anak dalam Kegiatan Sosial Yuk

Ajak untuk berkunjung ke kegiatan sosial seperti ke panti asuhan. Biarkan anak mengenal dan melihat kehidupan anak-anak yang kurang beruntung lalu bagaimana dan apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu mereka. Melibatkan anak dalam kegiatan sosial akan membuat mereka lebih peka dengan perasaan orang lain.

Tugas yang tidak mudah memang bagi orangtua untuk membesarkan anak agar bisa menjadi generasi yang bermanfaat bagi sekitarnya. Namun dengan memberikan contoh yang baik dan menempatkannya ke dalam lingkungan positif, tugas ini bisa dibuat lebih mudah.

Salah satu cara untuk mengembangkan rasa empati anak pun bisa dengan memasukkannya ke kelompok bermain atau PAUD saat umurnya sudah mencukupi. Di sini anak akan bertemu dan berinteraksi dengan anak-anak lainnya sehingga bisa mengetahui dan mengenali emosi anak-anak lainnya.

Bagi Anda yang  berdomisili di Bandung dan masih bingung mencari kelompok bermain, maka bisa langsung mengjungi Happy Club. Di Happy Club percaya, saat anak bermain maka dia akan belajar tentang dirinya, belajar tentang lingkungan sekitarnya, dan belajar tentang isi dunia. Bermain juga menjadi waktu untuk mengembangkan dirinya loh.

Happy Club sendiri akan dibuka secara resmi pada 23 Juli 2017 dan anak Anda bisa mendapatkan free trial dalam kelompok bermain di Happy Club. Pastikan pengembangan anak usia dini Anda lebih maksimal dan berjalan dengan baik bersama Happy Club yuk.

 

Sumber gambar:

1: earthporm.com
2: cloudfront.net
3: wp.com
4: http://newmoon.com
5: nebraskacff.files.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*