Pengembangan Anak Usia Dini : Ajari Anak Bicara Yuk!

Pengembangan anak usia dini yang bisa dikatakan tahapan paling penting adalah, apakah anak sudah bisa berbicara atau belum? Apakah kosa kata yang dimilikinya sudah banyak sesuai dengan usianya atau belum? Perkembangan bahasa dan bicara anak ini menjadi indikator apakah tumbuh kembang anak berjalan baik atau tidak.

Umumnya anak usia dua tahun sudah bisa berbicara dengan jelas walaupun kosa katanya masih sedikit dan sering tertukar. Dan ketika anak usia tiga tahun masih belum bisa bicara dengan jelas, maka dicurigai mengalami masalah keterlambatan bicara.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajari anak usia dua tahun untuk berbicara:

Ajari Mereka Kata Baru Setiap harinya
Mengajarkan kata-kata baru setiap harinya terlihat mudah memang. Namun Anda harus memilih kata apa saja yang harus diperkenalkan pada anak setiap harinya loh.

Cara mengajarkan kata-kata baru ini pun cukup mudah. Anda cukup menunjuk suatu objek dan mengatakan benda apa itu lalu ceritakan sedikit mengenai benda tersebut. Lalu mintalah anak untuk mengulangi benda apa yang baru saja Anda perkenalkan.

Membacakan Buku pada Mereka Yuk
Tidak hanya pada anak usia dua tahun, membacakan buku saat masih bayi pun bisa membantu mengembangkan kemampuan berbahasanya loh. Membacakan buku membantu mengembangkan otaknya dan keahlian berbicara serta berkomunikasi. Selain itu, dengan membacakan buku juga bisa menjalin hubungan lebih dekat dengan orangtuanya.

Jangan Biarkan Anak Bicara dengan Nada Merengek
Anak bicara dengan nada merengek? Jangan sampai Anda membiarkannya dan menjadi kebiasaan. Katakan pada anak untuk berbicara dan mengungkapkan apa yang menjadi keinginannya dengan nada normal. Membiasakan anak berbicara dengan nada normal ini membantu mereka agar bisa berkomunikasi lebih baik lagi dengan orang lain.

Jadilah Contoh yang Baik untuk Anak

Anak akan mencontoh apa yang orangtua lakukan. Walaupun anak mendapatkan pelajaran yang baik di lingkungannya, namun jika orangtua melakukan hal yang tidak benar maka akan dicontohnya. Untuk itu jagalah perkataan Anda, dan bicaranya seperti Anda ingin anak berbicara serta berkomunikasi dalam kehidupan kesehariannya.

Mengajarkan anak untuk berbicara juga bisa dilakukan dengan memasukkan mereka ke sebuah kelompok bermain. Di sini mereka akan menemukan kata-kata baru, saling berinteraksi, dan tentu saja berkomunikasi sehingga mengembangkan tidak hanya kemampuan berbahasa tetapi juga keahlian bersosialisasinya.

Umur berapa sebenarnya bisa memasukkan anak ke kelompok bermain? Anak usia dua tahun sudah bisa dimasukkan ke kelompok bermain. Asalkan kelompok bermainnya benar-benar berkualitas, mulai dari lingkungan sekolahnya, cara mengajar, hingga pengajarnya.

Melalui kelompok bermain ini anak bisa belajar mengenal alam dan lingkungannya. Kreatifitas anak pun bisa dikembangkan dengan bimbingan dari pengajarnya. Salah satu kelompok bermain yang bisa menjadi pilihan Anda, khususnya yang tinggal di Bandung adalah Happy Club.

Happy Club sendiri merupakan pusat pengembangan anak dengan fokus utama pada pengembangan karakter dan kecerdasan majemuk untuk anak-anak usia dini. Happy Club mengembangkan karakter dan kecerdasan majemuk anak ini melalui aktifitas bermain sehingga belajar bisa lebih menyenangkan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan karakter dan kecerdasan anak bersama Happy Club maka ada kabar baiknya nih. Happy Club yang akan dibuka secara resmi pada 23 Juli 2017 ini mengadakan free trial loh. Memberikan kesempatan bagi Anda untuk melihat apakah anak cocok dengan kelompok bermain Happy Club atau tidak.
Pengembangan anak usia dini sangatlah penting untuk itu jangan sampai Anda menyia-nyiakan momen golden age mereka ya. Dan Happy Club hadir untuk membantu Anda mengembangkan potensi anak semaksimal mungkin dengan cara yang menyenangkan. Info lebih lanjut bisa langsung kunjungi happyclub.id.

Sumber gambar:
1: parentmap.com
2: mrssrs.com
3: pinimg.com
4: growingyourbaby.com
5: einsteinbox.in

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*