Pengembangan Anak Usia Dini, Yuk Ajak Anak Berolaharaga ini

Pengembangan anak usia dini salah satunya terdiri dari aspek fisik. Anak usia dini atau anak berusia antara 0-8 tahun memang harus mendapatkan bimbingan agar tumbuh kembangnya bisa maksimal. Terlebih anak usia dini ini sedang mengalami masa golden age atau masa emas, di mana mereka akan menyerap semua hal untuk mengembangkan tidak hanya fisik tetapi juga mentalnya.

Nah salah satu yang bisa Anda lakukan sebagai orangtua untuk mendukung momen masa emasnya ini adalah membantu pertumbuhan fisiknya. Salah satu caranya dengan mengajaknya berolahraga. Namun tentu saja olahraga yang dilakukan anak usia dini ini berbeda dengan orang dewasa. Mau tau jenis olahraga apa saja yang cocok dilakukan oleh anak usia dini? Berikut ini daftarnya:

Berjalan dan Berlari

Olahraga ini sangat mudah dilakukan dan sangat sederhana. Anda bisa melakukannya kapan dan di mana saja. Mulai dari berjalan-jalan di taman pada pagi hari, sampai berjalan-jalan di Mall menemani orangtuanya.

Children running

Bergelantungan

Olahraga ini membutuhkan alat bantuan agar anak bisa bergelantungan. Jenis olahraga ini mampu melatih otot tangan dan genggaman anak juga melatih tubuh bagian belakangnya. Namun pastikan Anda mengawasi anak saat melakukan olahraga ini karena bisa berbahaya saat anak terjatuh dari pegangannya.

Melompat

Anak mana sih yang tidak suka melompat-lompat, apalagi melompat di kasur! Ternyata melompat bisa menjadi alternatif pilihan jenis olahraga yang baik untuk menunjang fisik anak loh. Dengan melompat, maka anak akan melatih kekuatan otot bagian kaki. Namun pastikan anak melompat di tempat yang aman ya.

Menendang, Menangkap, dan Melempar Bola

Anda bisa mengajarkan anak untuk menendang dan melempar bola ke suatu titik tertentu. Kegiatan olagraga ini mampu melatih ketangkasan dan keakuratan anak. Selain itu, anak pun bisa dilatih untuk berpikir cepat dan tanggap.

Bersepeda

Berikan sepeda yang sesuai dengan usianya. Melalui bersepeda anak bisa belajar melatih otot kaki dan kecermatannya dalam mengukur sesuatu. Anak-anak juga akan dilatih dalam hal kewaspadaannya.

Berenang

Anak pasti suka main air! Dan Anda bisa mengajaknya berenang di mana dia bisa bermain air sambil belajar. Berenang mampu melatih pernapasan dan otot tubuhnya. Selain itu, berenang juga bisa menyembuhkan anak dengan penyakit asma loh.

Senam untuk Anak

Selain melatih kelenturan tubuhnya. Senam juga bisa bisa melatih keseimbangannya sehingga anak memiliki tubuh yang kokoh dan kuat.

Menari

Hampir semua anak menyukai menari. Dan jika anak berani menari di depan umum bisa menandakan rasa percaya dirinya baik loh. Melalui menari, anak juga bisa melatih kelenturan tubuh serta keseimbangan tubuhnya. Mulai sekarang tidak ada salahnya bukan untuk menyetel musik di rumah dan mengajak anak menari bersama.

Children playing in the park

Kegiatan olahraga untuk anak pun bisa Anda temukan saat memasukkan mereka ke sebuah kelompok bermain loh. Di kelompok bermain ini, anak tidak hanya akan dikenalkan dengan alam dan lingkungan, tetapi juga diajak beraktivitas yang bisa membantu pertumbuhan fisiknya.

Salah satu kelompok bermain yang bisa Anda pilih, khususnya yang berdomisili di Bandung adalah Happy Club. Happy Club merupakan pusat pengembangan anak dengan fokus utama pada pengembangan karakter dan kecerdasan majemuk untuk anak usia dini.

Adapun pendidikan karakter yang diterapkan oleh Happy Club adalah olah hati, olah rasa, dan olahraga. Sedangkan untuk pengembangan kecerdasan majemuknya, meliputi ; kecerdasan bahasa, kecerdasan logika-matematika, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan gerak tubuh, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis, dan kecerdasan spiritual.

Happy Club akan resmi di buka pada 23 Juli 2017, di mana Anda bisa mendapatkan free trial untuk kelompok bermainnya loh. Untuk info lebih lanjut dan konsultasi seputar pengembangan anak usia dini, Anda bisa mengunjungi www.happyclub.id.

Sumber gambar:

1: http://myhealthoc.org
2: alicdn.com
3: http://restoreclinique.ie
4: timeout.com
5: cdn.com
6: http://cf.ltkcdn.net
7: jumpforjoycda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*