Sensory Play Permainan Untuk Stimulasi Indera

Sensory Play, permainan yang menstimulasi indera untuk perkembangan yang optimal. Sensory Play adalah permainan sederhana yang dirancang khusus untuk melatih kepekaan indera pengelihatan, pendengaran, perasa, peraba, penciuman, pergerakan serta keseimbangan pada anak usia dini.

Perkembangan anak tidak hanya berdasarkan faktor genetik saja, tetapi stimlulus lingkungan juga berperan penting dalam memperkaya wawasan dan pengalaman sebagai ‘data’ yang akan disimpan dalam otak anak. Saat anak mendapatkan stimulus (rangsangan) yang ditangkap melalui indera, maka stimulus tersebut akan dikirimkan ke otak, kemudian diproses oleh sistem syaraf pusat dan mengaktifkan indera untuk memberikan respon terhadap rangsangan tersebut. Tugas kita sebagai orangtua adalah memfasilitasi perkembangan dengan memberikan beragam stimulus sehingga memperkaya ‘data’ pengalaman yang akan disimpan di dalam otak Anak.

Ada 3 tingkatan antusiasme pada saat memberikan respon terhadap stimulus, yaitu:

  1. Respon yang lambat
  2. Respon yang tepat dan tetap tenang
  3. Respon yang terlalu cepat dan tak terkendali.

Dalam hal ini, Sensory Play bertujuan untuk mengantarkan Anak pada tingkatan respon yang tepat, dimana anak dapat merespon dengan tetap tenang dan siap sesuai dengan kondisi optimal otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*