Tumbuh Kembang Anak 0-12 Bulan

Cukup banyak perkembangan Tumbuh kembang anak 0-12 bulan. Banyak hal terjadi di satu tahun pertama anak Anda. Mulai dari melihat dengan jelas, tersenyum, tertawa riang, merangkak, tumbuh gigi, berjalan, bahkan ada yang sudah bisa memanggil Anda dengan sebutan ‘mama.’

Benar adanya jika setiap anak perkembangannya berbeda-beda. Anak satu ada yang sudah tumbuh gigi di usia enam bulan, namun anak satunya lagi di usia yang sama belum tumbuh gigi namun sudah bisa merangkak. Perbedaan perkembangan di setiap anak ini tidak perlu dipermasalahkan.

Hal yang perlu dipermasalahkan adalah jika pada usia tertentu anak tidak berkembang dengan normal. Mau tau seperti apa perkembangan anak di usia 0-12 bulan? Ini daftarnya:

Usia 0-3 Bulan

Diusia ini ketajaman visual sang bayi sudah meningkat. Bayi bahkan akan menatap Anda jika Anda memeluk dan menatapnya dengan penuh kasih sayang. Salah satu cara untuk menstimulasinya bisa dengan mengajaknya berbicara dan memeluknya dengan penuh kasih sayang.

Usia 3-4 Bulan

Bayi Anda sudah bisa melihat ke seberang ruangan dengan cukup jelas. Bayi Anda juga sudah bisa ditenangkan saat rewel karena ia mulai tertarik dengan benda atau hal-hal di sekelilingnya.

Usia 4-6 Bulan

Bayi Anda mulai bisa menggunakan tangan dan kakinya untuk bersenang-senang, misalnya membuat gerakan menendang. Di usia ini kontrol bayi terhadap tubuhnya sudah mulai meningkat. Anda bisa melatih motorik dan ketangkasannya dengan mengikatkan (jangan terlalu erat) balon udara di kedua kakinya. Lalu biarkan bayi melakukan tendangan sehingga balon bergerak dan dia mulai tertarik untuk kemudian menendang-nendang lagi.

Usia 6-9 Bulan

Di usia ini, bayi sudah  mulai belajar duduk dan merangkak. Ketika duduk pun bayi akan mengamati lingkungan sekitarnya lalu meraih barang dan menggenggamnya. Cara ini sebagai salah satu bagian si anak dalam mempelajari lingkungan sekitarnya. Biarkan anak mengeksplor dengan merangkak dan meraih benda yang disukainya asalkan Anda tetap menjaganya aman dan menjauhkan dari benda berbahaya.

Usia 9-12 Bulan

Bersiaplan untuk diuji kesabarannya! Karena di usia ini bayi akan mulai ‘mempermainkan’ Anda. Yup, bayi akan senang mengambil lalu melempar barang dan meminta Anda untuk mengambilkannya untuk kemudian dilemparkannya lagi. Jangan marah karena fase ini juga salah satu dari caranya belajar mengenal lingkungannya dan juga mengasah motoriknya.

Di usia ini juga bayi akan belajar berdiri dan berjalan. Anda bisa mulai memapah bayi untuk berjalan ke arah yang diinginkannya. Pastikan lantai di sekitar anak bersih karena dia juga mulai hobi merangkak.

Tidak kalah menariknya lagi, bayi Anda juga mulai pandai memungut benda jatuh menggunakan ibu dan jari telunjuknya. Anda bisa memberikan benda berwarna cerah untuk menstimulasi indera penglihatan dan motoriknya.

Di usia 9-12 bulan, bayi juga akan lebih aktif bergerak sehingga perlu ekstra hati-hati dalam mengasuhnya. Seimbangi juga dengan memberikan gizi yang seimbang untuk anak. Memberikan sayuran, buah-buahan, daging, dan vitamin yang cukup. Jaga juga kesehatan lingkungan, termasuk lantai dan mainannya agar anak tetap terlindungi kesehatannya. Dan jangan lupa untuk memberikan berbagai stimulasi untuk mendukung perkembangannya lebih maksimal lagi.

Stimulasi yang tidak kalah penting adalah memberikan pelukan sebagai tanda Anda menyayanginya. Dengan memberikan pelukan pun ternyata bisa meningkatkan rasa percaya diri sang bayi loh. Semoga informasi seputar tumbuh kembang anak usia 0-12 bulan ini bisa membantu Anda memberikan bimbingan terbaik untuk perkembangannya.

  1. http://www.presidentschoice.ca
  2. http://bebezclub.com
  3. cdn.shopify.com/
  4. http://www.nashvilleparent.com
  5. http://www.motherforlife.com
  6. http://blog.guguguru.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*