Tumbuh Kembang Anak 2-5 Tahun

Tumbuh kembang anak 2-5 tahun sangat pesat perkembangan. Anak sudah bisa diajak bermain sambil berlari, bahkan mereka bisa bercerita dengan gayanya yang lucu dan menghibur semua orang. Namun tentu saja tumbuh kembang anak ini tidak akan maksimal tanpa adanya stimulasi dari orangtua atau orang terdekatnya.

Menjadi PR bagi para orangtua untuk memberikan bimbingan yang tepat agar tumbuh kembang anaknya berjalan lancar. Tidak hanya kehadiran orangtua yang membimbingnya, tetapi juga pastikan lingkungan di sekitarnya mendukung anak untuk berkembang maksimal dan lebih baik.

Mau tau apa saja perkembangan yang terjadi pada anak dua sampai lima tahun? Ini dia daftarnya:

Perkembangan Usia 2-3 Tahun

Anak di usia ini sudah bisa melompat dengan dua kaki, berjalan naik dan turun tangga tanpa kesulitan. Lalu mereka juga bisa berjalan sambil berjinjit, menendang dan melempar bola. Bahkan ada di antaranya yang sudah bisa mengayuh sepeda roda tiga.

Pergerakan tumbuh kembanganak usia 2-3 tahun pun lebih kuat dan lebih seimbang serta bisa terkoordinasi dengan anggota tubuh lainnya. Untuk urusan makan, anak usia 2-3 tahun pun sudah bisa dilepas makan sendiri loh.

Ajak juga mereka untuk berkreasi dengan kertas warna karena di usia ini, anak-anak sudah bisa melipat kertas, menggunting tanpa pola dan memegang alat tulis lalu membuat garis lulus serta lingkaran. Untuk masalah sosilasisai, anak-anak usia ini juga sudah bisa berbagi, bekerja sama, dan mengerti ucapan orang-orang.

Imajinasi mereka pun semakin kreatif dan suka bermain peran. Tidak heran jika mereka beberapa kali akan berperan sebagai tokoh di film favoritnya.  Sedangkan untuk urusan kosa kata, mereka sudah bisa mengucapkan 50- 300 kata dan bicara dengan kombinasi 3-4 kata.

Ajak juga mereka bernyanyi karena di usia ini mereka sudah bisa mengikuti nyanyiin Anda. kesabaran Anda pun akan diuji karena mereka akan lebih sering bertanya mengenai apa yang membuatnya tertarik dan penasaran.

Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun

Anak usia 3-4 tahun sudah bisa berlari dengan kontrol, lalu menangkap dan melempar bola dengan tangan di atas kepala. Koordinasi tubuhnya pun mulai sempurna karena sudah bisa melompat dan berdiri dengan satu kaki hingga 5 detik.

Anak juga sudah mulai bisa menunjukkan kasih sayang ke keluarga dan temannya. Lalu mulai berpartisipasi dalam permainan kelompok sederhana. Sedangkan untuk emosionalnya, lebih stabil.

Kemampuan berkomunikasinya semakin membaik karena sudah bisa menggucapkan kalimat 5-6 kata. Lalu bisa mengenali jenis kelamin sendiri, menyebutkan nama lengkap, dan usianya. Namun si kecil masih sulit membedakan mana fantasi dan realita.

Di usia ini Anda bisa mengajarkannya menulis dan mewarnai. Mengingat koordinasi tanganya dalam memegang alat tulis sudah semakin membaik.

Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun

Si kecil mulai sering melompat-lompat karena ini keahlian barunya. Ketika mewarnai pun sudah mulai bisa rapi, tidak keluar garis. Bahkan si kecil mulaimahir menggambar.

Anak usia 4-5 tahun pun sudah bisa mengekspresikan apa yang dirasakannya, mulai mengetahui mana yang benar dan salah, mencari penghargaan orang lain, dan suka bermain dengan temannya dibandingkan sendiri.

Tanyakan juga di mana alamatnya tinggal, si anak pun sudah bisa loh mengucapkannya dengan lengkap! Tidak jarang mereka juga mulai berbicara tentang pengalaman atau cerita yang didengarnya pada Anda dan orang lain. Si kecil pun sudah bisa mengenali warna dan bentuk, semakin paham sebab dan akibat, dan mengenali konsep waktu.

Perkembangan anak usia 2-5 tahun ini sangat cepat terjadi dan termasuk ke dalam momen golden age. Untuk itu, jangan sampai Anda melewatkan momen ini dan jadilah pebimbing agar perkembangannya maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*